Wednesday, October 6, 2010

MENGAJARKAN ANAK TK PENJUMLAHAN DI ATAS 10


suatu hari saat anak saya si Azzam pulang dari sekolah (dia masih duduk di bangku TK) saya mendapati pada buku tulis yang ia bawa pulang bahwa dia mendapatkan Pr alias pekerjaan rumah. Yang tidak habis pikir, dia sudah mendapatkan PR penjumlahan susun. Kemudian berikutnya pengurangan susun dan juga penjumlahan dengan hasil di atas 10.Saya sedikit heran, karena dewasa ini anak-anak dituntut mempelajari hal-hal yang dulu harusnya dipelajari oleh anak-anak pada umur di atasnya.
Saat anak saya sudah paham konsep penjumlahan dengan metode RME(baca tulisan sebelumnya, sekarang giliran saya harus bisa membuatnya menjumlah tanpa piranti apapun.
Kenapa begitu?? Karena semakin lama, dia dituntut untuk bisa berpikir semakin abstrak.
Metode yang saya terapkan sederhana saja.
Misalkan saya suruh jumlahkan
7 + 5
Maka saya ajarkan pada anak saya, caranya adalah '7 di mulud.... 5 di jari' (sambil santai/ relaks saya menghitung jari tangan saya mulai 8, jadinya 8, 9, 10, 11, 12
Jadi jawabannya adalah 12.
Misalkan saya suruh jumlahkan 8 + 9
Berarti '8 di mulud.... 9 di jari, 9,10,11,12,13,14,15,16,17, jadi hasilnya adalah 17.
Mungkin kelihatannya sederhana saja, tapi sebenarnya bagi saya sangat bermanfaat. coba saja kita bayangkan, bagaimana kalau disuruh menjumlah, anak kita terus menerus membutuhkan kelereng (misalnya) sebagai alat bantu?? gak lucu banget kan??
Tapi metode ini kita gunakan dengan catatan anak kita telah hafal di luar kepala urutan dari bilangan di atas 10.

Bagaimana dengan penjumlahan yang melibatkan angka di atas 10??
Ternyata anak saya sudah bisa menalar bahwa
'12 di tambah 5 = 17'
'25 di tambah 4 = 29'
'81 di tambah 3 = 84'
dan seterusnya
Subhanallah....
Bagaimana dengan buah hati anda??

4 comments:

  1. Waaahhh Azzam hebat.. Bundanya juga.. Waduuh, kalau nanti saya ngajarin mate gmna ya? Secara paling lemah itung2an mbak.. hehe :p

    ReplyDelete
  2. ah.. bisa aja...^_^
    banyak buku2 dasar yang sangat menarik waktu mengajarkan matematika, naaaah.. kita bisa ikutan belajar tuh dari situ...^_^
    Kuncinya...KITA HARUS SUKA DULU... selebihnya Insya Allah gampang ^_^

    ReplyDelete
  3. Untuk yang model susun caranya gimana yah

    ReplyDelete