Saturday, November 20, 2010

BERSAMA ARIEL, LUNA MAYA DAN CUT TARI MENGAJARKAN RELASI DAN FUNGSI


Pada silabus matematika untuk sekolah Menengah Kejuruan Teknik kelas XI semester ganjil terdapat Standart kompetensi Fungsi.
Bercerita pengalaman pribadi pada saat mengajar kompetensi dasar 'membedakan relasi dan fungsi' tepat bebarengan dengan masih hangatnya berita seputar Ariel, Luna Maya dan Cut Tari.
saya manfaatkan momen tersebut untuk memancing minat peserta didik agar tertarik pada pelajaran saya.
Saya menjelaskan kepada peserta didik perbedaan antara relasi dan fungsi beserta contoh-contohnya dengan urutan-urutan sebagai berikut :
1. Memancing pengetahuan siswa tentang reasi
2. Menjelaskan definisi relasi dalam matematika
3. Memberikan contoh dengan menggunakan diagram panah himpunan A yang beranggotakan Luna Maya, Cut Tari, Agnes Monika, BCL, Julia Perez, Dewi Persik, Aura Kasih dan Omas.
(bisa anda bayangkan bukan ?? betapa hebohnya kelas yang full anak laki-laki mendengar nama artis-artis cantik disebutkan, hehehehe..)
Kemudian Himpunan B beranggotakan nama siswa-siswa saya sesuai dengan daftar absen (saya comot 5 saja), (anda juga bisa membayangkan bukan, betapa hebohnya mereka saat nama-namanya saya tuliskan di papan tulis/ media presentasi power point)
Berikutnya saya tarik panah dari artis-artis dari himpunan A ke siswa-siswa anggota himp B. (kelas tambah ramai gelak dan penasaran)
Berikutnya saya tanyakan kepada mereka, hubungan atau relasi apa yang mungkin dari kedua himpunan tersebut??
Para siswa menduga-duga, ada yang menjawab A adalah kekasih B (hehehehe... apa mungkin??)
Saya luruskan menjadi, A adalah artis idola dari B.
4. Berikutnya saya jelaskan tentang domain, kodomain dan range.
5. Berikutnya dengan masih mencomot nama-nama artis perempuan lagi saya menyebutkan anggota Domain, misalnya Luna Maya,Cut Tari, Aura Kasih, BCL, dst
6. Berikutnya saya mencomot nama artis laki-laki untuk anggota kodomain, misalnya Ariel, Asraf, Pasya Ungu.
7. saya menghubungkan domain dan kodomain dengan aturan A adalah kekasih dari B. saya buat tiap anggota A punya pasangan di B dan hanya memiliki 1 pasangan di B
8. Dari situ saya jelaskan perbedaan antara Relasi dan fungsi dengan menggunakan jembatan keledai.
Ciri-ciri fungsi adalah :
- tidak ada anggota Domain yang menjomblo
- tidak ada anggota domain yang selingkuh
- perkara ada anggota kodomain yang menjomblo ataupun selingkuh, itu tidak masalah.
Ternyata berteman dengan Luna Maya, Ariel dan cut Tari pada pembelajaran Relasi dan fungsi ini terbukti efektif melekatkan konsep pada peserta didik saya.
Bagaimana ide pembelajaran saya ini menurut anda???
Akan saya sertakan RPP dan Power point yang bisa anda download. Silahkan mencoba.

No comments:

Post a Comment