Monday, March 29, 2010

PERTANYAAN MATEMATIKA KREATIF (butuh analisis)

Suatu ketika salah satu murid saya menanyakan sesuatu kepada saya dengan suatu ilustrasi yang ia kirimkan. Ilustrasinya sebagai berikut:

Pertanyaanya bukan benar atau tidak, melainkan "apa yang salah dari pernyataan pertama tersebut ???
Seandainya anda adalah gurunya, bagaimana cara anda menjawab pertanyaan tersebut???

Kalau ulasan saya sebagai berikut :
akar m = n, apabila nxn = m
contoh :
akar 4 = 2, karena 2x2 = 4
atau
akar 4 = -2, karena -2x-2 = 4

akar 9 = 3, karena 3 x 3 =9
atau
akar 9 = -3, karena -3 x -3 =9

Jadi tidak mungkin akar -1 adalah 1, karena 1 x 1 tidak sama dengan -1

Masalahnya adalah.... padahal langkah-langkah yang digunakan untuk memperoleh akar -1 adalah satu sudah benar, kenapa masih bisa salah??

Karena tidak boleh ada bilangan negatif di dalam tanda akar (penjelasan untuk siswa SMU/SMK). Bilangan negatif dalam tanda akar berkaitan dengan bilangan imajiner yang belum diajarkan pada siswa SMU/SMK.

Namun pada silabus SMK terbaru ternyata bilangan imajiner masuk kompetensi dasar pada kelas X semester 1 pada Standart Kompetensi Bilangan Real.
Jadi, harus ada pembahasan yang lebih menarik lagi kepada siswa

Seperti kita ketahui akar -1 disebut i
maka
akar -25 = akar (25 x-1)
= akar 25 x akar-1
= 5 x i
= 5i

Jadi
akar -1 = akar (1 x -1)
= akar 1 x akar -1
= 1 x i
= 1i
= i

Bagaimana pendapat anda ????






16 comments:

  1. Hehehe... sipp bu... ^.^

    Tapi

    akar -1 = akar (1 x -1)
    = akar 1 x akar -1
    = 1 x i
    = 1i
    = i

    akar 1, kok = 1 ???
    gimana tuh bu?...

    ReplyDelete
  2. yg pasti hasil'y bil imajiner....cos g ad bil kembr jika d kalikn hasil'y -1....

    ReplyDelete
  3. betulll... bu Tari, lebih tepatnya lagi...tidak ada bilangan kembar yang hasil perkaliannya negatif

    ReplyDelete
  4. Sip.........akar-1 = khayal
    akar pangkat a dari b boleh diubah dalam bentuk b^1/a dengan syarat loohhhhhhhhh

    gimana bu....
    (MOHON JAWAWABANNYA KU NANTI DI BLOG RA'WANT)

    ReplyDelete
  5. saya berusaha masuk ke blog bapak, tapi lagi LOLA. tunggu saya online di rumah , ini masih di sekolah......^_^

    ReplyDelete
  6. bu akar 1 = 1 karena 1 x 1 = 1


    kenapa tidak -1 saja. kan -1 x -1 = 1 juga toh?..

    ReplyDelete
  7. Kesalahan saya kira pada langkah :
    (-1)^2(1/4) tidak sama dengan (1)^(1/4)

    (-1)^2(1/4) = (-1)^2 x (-1)^(1/4)
    = 1 x {(-1)^(1/4)}
    hasilnya (-1)^(1/4) alias akar pangkat empat dari minus satu yang merupakan bilangan imaginer juga.

    ^=pangkat

    Bolehkah saya menyumbang artikel di sini ?

    ReplyDelete
  8. wah yang postingan dulu akar dari -1 = -1 ya bu, sekarang di ulas lagi ? tapi caranya beda ya bu. SIP semoga siswa2 ibu lulus 100%. AMIN

    ReplyDelete
  9. BU kenapa komentnya selalu di moderasi dulu, takut spam ya?

    ReplyDelete
  10. Mampir lagi ini BU, ibu lagi sibuk ?

    ReplyDelete
  11. Trimakasih atas apresiasinya.
    Maaf, saya telat sekali membalasnya karena kesibukan yg tidak bisa saya uraikan di depan publik.
    Virgananta, benar, harusnya + atau - 1
    Pak Nyach, terimakasih tetap mau menyapa dan mensuport saya meskipun banyak sekali keterbatasan saya..^_^
    Bang Dje, boleh bang, dengan senang hati... silahkan bang Dje, bagaimana teknisnya biar enak???

    ReplyDelete
  12. om
    saya mau nanya
    mana lebih dulu tiba ditempat jika
    sebuah mobil dengan kecepatan 100km/jam dibanding sepeda motor dengan kecepatan 100km/jam dengan jarak yang sama

    ReplyDelete
  13. hehehe.. pertanyaan lucu el man, ya jelas yang berangkat duluan dong yang menang...^_*

    ReplyDelete
  14. Mantap...!

    O ya... untuk akar hanya dipilih yang positif aja ya.

    Misal akar 4 = 2 bukan -2.
    Meski -2 x -2 = 4.

    Tetapi bila a kuadrat = 4 maka a = 2 atau a = -2.

    Bisa juga menyebut a = +/- 2.

    Salam...

    ReplyDelete