Thursday, March 25, 2010

MEMANCING MOTIVASI SISWA

Salah satu pekerjaan berat seorang guru adalah untuk memancing motivasi siswa agar tertarik mengikuti pelajaran yang akan kita sampaikan. Dan setelah siswa terpancing untuk tertarik, guru juga harus mampu mempertahankan motivasi siswa agar tetap terjaga.
Matematika adalah salah satu pelajaran yang akan sangat membosankan apabila guru sebagai si pembuat skenario pembelajaran adalah sosok yang kurang dinamis dalam merencanakan kegiatan belajar mengajar di kelas.
Dari pengalaman mengajar saya selama ini, saya menemukan satu cara memotivasi yang efektif untuk beberapa standart kompetensi. Antara lain "Program Linier, Sistem Persamaan Linier serta barisan dan deret" (untuk RPP Barisan dan Deret, bisa anda unduh di shared documen saya)
Biasanya, saat mengajarkan ketiga materi tersebut, saya mulai di awal pelajaran dengan mengajukan soal dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan topik. Saya ambil contoh, misalkan untuk topik Program Linier.
Permasalahan :
Seorang pengusaha batik gajah Oling (batik khas Banyuwangi) akan memproduksi 2 jenis batik. Untuk memproduksi 1 batik tulis jenis pertama, dia membutuhkan pewarna merah 1 botol dan pewarna kuning 1/2 botol. Sedangkan untuk memproduksi 1 batik tulis jenis kedua dia membutuhkan pewarna merah 1/3 botol dan pewarna kuning 1 botol. Persediaan pewarna merah yang dimilikinya adalah 20 botol, sedangkan pewarna kuning 21 botol. Kira-kira ada berapa lembar kain batik yang bisa dihasilkan? (hasil terbanyak yang masih mungkin)
Suruhlah siswa untuk mengerjakan soal tersebut tanpa kita ajarkan terlebih dahulu materi program linier. Biarkan mereka memikirkan jawabannya dengan cara mereka sendiri. Pastikan bahwa mereka sangat ingin tahu jawabannya. (ini juga merupakan salah satu aplikasi dari RME/ Realistic Matematich Education).
Setelah kira-kira 10 atau 15 menit, rasa penasaran mereka memuncak (baik itu ketemu maupun tidak ketemu jawabannya), jelaskan kepada siswa anda bahwa topik program linier akan membantu kita memecahkan masalah tersebut dengan mudah. Bahkan masih banyak lagi permasalahan serupa dalam kehidupan sehari-hari yang bisa kita pecahkan dengan mudah apabila kita telah mempelajari materi program linier.
Berdasarkan pengalaman saya saat mengajar, memotivasi siswa dengan cara ini sangat efektif untuk membuat mereka bersemangat mempelajari program linier. Selebihnya, untuk mempertahankan semangat tersebut adalah pinter-pinternya guru sebagai dalang pembelajaran untuk menghidupkan suasana sampai pelajaran berakhir.
Demikian tadi, semoga bermanfaat.

Catatan: saya membaca hal yang mirip dengan tulisan ini pada blog IDE PEMBELAJARAN MATEMATIKA, akan tetapi tulisan ini benar-benar merupakan pengalaman pribadi saya.

4 comments:

  1. Memancing motivasi namanya apa bu ?

    kunjungi balik di http://nyachya.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. BU kan sudah aku follow masak c gak pingin singgah dan follow (sudah lama lho aku follow)

    ReplyDelete
  3. Aduh... maaf pak Nyach... emang saya belum follow.. tapi jangan salah.. saya beberapa kali mampir kok... keren banget blognya.... saya harus belajar banyak dari anda....^_^

    ReplyDelete
  4. memancing motivasi??? apakah itu sama dengan apersepsi pak Nyach???

    ReplyDelete