Monday, June 27, 2011

TEORI BELAJAR BRUNER


Nama Teori:
- Teori Instruksi Bruner
Definisi :
- Pengajaran atau instruksi dilaksanakan sesuai dengan teori yang telah dikemukakan oleh Bruner tentang belajar meliputi 4 hal yang akan dijabarkan dalam penjabaran.
Penjabaran :
Dalam buku ,’The Process of Education’ yang ditulis Bruner pada tahun 1959-1960, merupakan perpaduan hasil diskusi dan persepsi dari 34 ahli matematika, ilmuwan, psikologi dan pendidik yang bertemu selama 7 hari di Woods Hole on Cape Cod untuk mendiskusikan cara memajukan pendidikan di Amerika. Salah satunya adalah prinsip umum dalam pembelajaran antara lain :


- Mengajari siswa bagaimana ‘ belajar cara belajar’
- Topik yang diajarkan harus sesuai dengan tingkat perkembangan intelektual peserta didik.
- Aktivitas intelektual adalah sama di manapun, apakah siswa tingkat 3 maupun ilmuwan peneliti
- Bentuk terbaik dari motivasi adalah minat ke subyek yang dipelajari
Mempelajari struktur dari subyek adalah sangat penting oleh karena itu dirumuskan empat alasan struktur pengajaran sebagai berikut :
- Pemeriksaan dari susunan dasar subyek membuat subyek lebih komprensibel kepada siswa
- Agar supaya lebih mudah mengingat detail dari subyek, maka detail tersebut harus diletakkan dalam pola yang terstruktur
- Cara optimal untuk mempromosikan transfer belajar khusus untuk aplikasi belajar umum adalah melalui memahami konsep, prinsip dan struktur setiap mata pelajaran.
- jika struktur dasar mata pelajaran yang dipelajari di awal sekolah ketinggalan hasil penemuan sekarang, maka apa yang diajarkan di sekolah akan mengalami penurunan.
Namun pada tahun 1971, Bruner berkomentar mengkritik hal-hal tersebut di atas dalam artikelnya yang berjudul ‘The Process of Education Revisited’ yang dimuat dalam jurnal Phi Delta Kappan. Adapun kritikan tersebut adalah sebagai berikut:
‘Berlaku dugaan bahwa jika anda menguasai struktur, maka anda akan maju ke depan, akan tetapi tidak bisa digunakan untuk menghadapi segala sesuatu yang ada di alam, akan tetapi dengan mengetahui prinsip dasar anda dapat memperkirakan fakta-fakta yang diperlukan. Mengetahui sebuah jalan lain strategi cerdik, anda akan tahu perlakuan besar tentang banyak hal ketika memelihara sangat sedikit dalam ingatan.’ (halaman 18)
Dan ‘Jalan dari ‘Process of Education’ adalah bagian dasar dari formula kepercayaan : bahwa belajar adalah apa yang siswa inginkan. Bahwa mereka ingin mencapai suatu keahlian di beberapa subyek tertentu. Motivator mereka diterima dengan benar. Itu juga diterima dengan diam-diam asumsi bahwa setiap orang yang datang pada pelajaran sekolah telah memiliki warisan tersembunyi dari kurikulum kelas menengah yang mana mengajar mereka kemampuan analitis dan menjadikan mereka intelektual tradisional dalam berpikir. (halaman 19)
Masih pada artikel yang sama, Bruner menyatakan pandangan yang lebih terbaru dari kurikulumsekolah sebagai berikut:
Jika saya punya pilihan sekarang, dalam hal proyek kurikulum tahun tujuhpuluhan, akan ditemukan arti dengan kita membawa masyarakat kembali pada pikiran sehatnya dan prioritas dalam hidup. Saya percaya, saya akan sungguh memuaskan untuk mendeklarasikan, jika bukan sebuah penundaan, maka sesuatu penekanan pada hal-hal yang harus dilakukan dengan sejarah struktur, struktur fisik, konsistensi matematika alami dan perjanjian dengannya agak di dalam konteks dari menyelesaikan masalah di hadapan kita. Kita mungkin lebih baik konsentrasi diri kita, bagaimana masalah dapat dipecahkan tidak hanya dengan tindakan praktis tapi dengan meletakkan pengetahuan, dimanapun kami menemukannya dan dalam bentuk apapun kami menemukannya, untuk bekerja dalam tugas-tugas besar.
Di dalam bukunya ‘ Toward a Theory of Instruction’ Bruner mempresentasikan poin-poin dari perkembangan intelektual alami dan mendiskusikan 6 karakteristik dari perkembangan. Dia juga memberikan karakteristik umum yang dia percaya akan menjadi dasar dari teori umum dari instruksi dan mendiskusikan 4 kelebihan yang dapat ditunjukkan dari teori instruksi.
Karakteristik dari perkembangan intelektual :
- Kenaikan perkembangan kemampuan seseorang untuk memisahkan responnya dari stimulus spesifik.
- Kemampuan untuk menginternalisasi kejadian di luar dirinya ke dalam struktur mental yang berkaitan dengan lingkungan pelajar dan bantuan dari pelajar digeneralisasi dari contoh spesifik
- Perkembangan kemampuan untuk melihat kata dan simbol untuk menunjukkan sesuatu yang harus dikerjakan atau akan dikerjakan di masa yang akan datang.
- Perkembangan kemampuan mental tergantung dari interaksi antara pelajar dan gurunya. Guru dari siswa adalah siswa lain, orang tua, guru sekolah dan siapapun yang dipilih untuk menginstruksikan pelajar.
Keistimewaan Teori Instruksi
Bruner percaya bahwa teori instruksi harus memiliki 4 keistimewaan yang menentukan proses instruksi alami.
- Secara khusus memberikan pengalaman yang mempengaruhi atau memotivasi berbagai tipe siswa untuk belajar bahwa belajar terjadi dari subjek umum ke subjek yang lebih khusus.
- Pengetahuan umum dan disiplin tertentu harus disusun dan distruktur sehingga menjadi siap dipelajari oleh tipe siswa yang berbeda sebelum dipresentasikan ke siswa, pengetahuan harus diorganisasi sehingga berhubungan dengan sifat siswa dan mewujudkan struktur khusus dari subjek.
- Menentukan cara yang paling efektif dan efisien dalam menyajikan materi kepada siswa untuk memfasilitasi belajar
- Harus seleksi alami khusus dan peruntunan yang tepat dari penghargaan dan hukuman dalam mengajar dan belajar disiplin.
Teori dalam Belajar Matematika
Di dalam upaya untuk mengidentifikasi faktor yang dihadapi dalam belajar dan mengajar matematika, Bruner dan asosiasinya telah mengobservasi suatu bilangan besar dari kelas matematika dan telah menyelenggarakan eksperimen dalam belajar dan mengajar matematika. Sebagai konsekuensi dari eksperimen tersebut, maka Bruner dan Kenney (april 1963) memformulasikan 4 teori umum tentang belajar matematika yang mereka namakan teori konstruksi, teori notasi, teori kontras dan variasi serta teori konektivitas.
Teori Kontruksi
Teori Kontruksi mengatakan bahwa cara terbaik bagi siswa untuk memulai belajar konsep matematika, prinsip dan aturan adalah dengan mengkonstruksi sebuah gambaran darinya. siswa yang lebih tua mungkin dapat memahami ide matematika dengan menganalisis gambaran yang disajikan oleh guru, namun Bruner berpendapat bahwa sebagian besar siswa, terutama anak muda, akan membangun gambaran ide-ide mereka sendiri. Dia juga berpikir bahwa lebih baik bagi siswa untuk mulai dengan gambaran konkrit yang bisa dirumuskan sendiri. Jika siswa diijinkan untuk membantu dalam merumuskan dan membangun aturan-aturan dalam matematika, akan lebih mudah untuk mengingat aturan dan menerapkannya dengan benar dalam situasi yang tepat. Bruner telah menemukan bahwa siswa yang telah selesai diberikan aturan matematika cenderung menurun motivasinya untuk belajar dan menyebabkan banyak siswa menjadi bingung. Pada tahap awal belajar konsep, pemahaman tampaknya tergantung pada kegiatan nyata yang dilaksanakan siswa karena mereka membangun gambaran dari setiap konsep.
Teori Notasi
Teorema notasi menyatakan bahwa konstruksi awal atau representasi dapat dibuat kognitif sederhana dan dapat lebih baik dipahami oleh siswa jika memberi notasi yang sesuai dengan level perkembangan kognitif siswa. Sistem notasi yang efisien dalam matematika memungkinkan perpanjangan prinsip dan penciptaan prinsip-prinsip baru. Sampai sistem penulisan notasi yang efisien digunakan untuk memecahkan masalah persamaan polinomial dan sistem persamaan linier yang berkembang sangat lambat. Siswa harus memiliki hak dalam menciptakan dan memilih wakil notasi untuk ide-ide matematika; notasi yang lebih sederhana dan lebih mudah digunakan ketika yang sedang mempelajari konsep-konsep adalah siswa yang lebih muda. Karena siswa kelas ketujuh dan kedelapan baru saja belajar untuk menggunakan tanda kurung sebagai simbol pengelompokkan dalam representasi aritmatika seperti (2 + 3) + (5 - 7) = (7 - 4), mereka belum siap untuk menggunakan notasi y = f [x) untuk mewakili konsep fungsi matematika. Untuk siswa di kelas ini, cara yang lebih baik untuk untuk mempresentasikan fungsi adalah menggunakan notasi seperti □ = 2∆ + 3, yang mana □ dan ∆ adalah bilangan asli. Murid kelas aljabar awal akan dapat memahami dan menerapkan y = 2x + 3 untuk fungsi, dan mahasiswa dalam program aljabar lanjutan akan menggunakan y = f (x) untuk mewakili fungsi.
Teori Kontras dan Variasi
Teorema Bruner tentang kontras dan variasi menyatakan bahwa prosedur untuk berangkat dari representasi konkret dari konsep ke representasi yang lebih abstrak menyertai operasi dari kontras dan variasi. Kebanyakan konsep-konsep matematika kurang memiliki arti bagi siswa sampai mereka dikontraskan dengan konsep lain. Dalam geometri, jari-jari, diameter dan garis singgung lingkaran semua menjadi lebih berarti bagi siswa ketika mereka dikontraskan satu sama lain. Bahkan, banyak konsep matematika yang didefinisikan menurut sifat mereka yang kontras. Perdana didefinisikan sebagai nomor yang bukan bersifat unit atau angka komposit, dan bilangan irasional didefinisikan sebagai bilangan yang tidak rasional. Kontras adalah salah satu cara yang paling berguna untuk membantu siswa membangun pemahaman intuitif topik matematika baru dan untuk membantu mereka dalam maju ke representasi yang lebih abstrak dari setiap topik.
Jika siswa mempelajari konsep-konsep umum dalam matematika, setiap konsep baru harus dipresentasikan oleh berbagai contoh konsep itu. Jika tidak, suatu konsep umum dapat dipelajari dengan representasi khusus itu sendiri. Ada kasus-kasus di sekolah dasar dimana anak-anak belajar konsep himpunan melalui contoh himpunan, semua yang diwakili dalam buku teks dan oleh guru sebagai diapit oleh kurung, konsekuensinya, siswa yang ditunjukkan objek himpunan seperti ∆□○◊ tidak dapat mengidentifikasi koleksi sebagai satu himpunan karena benda tidak diapit oleh kurung. Ketika mengajar matematika, perlu untuk memberikan banyak contoh dan beragam dari setiap konsep sehingga siswa akan mempelajari bahwa secara umum, struktur matematika abstrak sangat berbeda dari yang lebih spesifik dengan representasi yang lebih konkret
dari strukturnya.
Teori Konektifitas
Teorema konektivitas dapat dinyatakan sebagai berikut: setiap konsep, prinsip, dan keterampilan dalam matematika terhubung ke konsep-konsep lain, prinsip, atau keterampilan. Koneksi terstruktur antara unsur-unsur di setiap cabang matematika membolehkan penalaran matematika analitik dan sintetik, serta melompat intuitif dalam pemikiran matematika. Hasilnya adalah kemajuan matematika. Salah satu kegiatan yang paling penting dari matematika adalah mencari koneksi dan hubungan antara struktur matematika. Dalam pengajaran matematika tidak hanya diperlukan bagi guru untuk membantu siswa mengamati kperbedaan dan variasi antara struktur matematika, tapi siswa juga perlu menyadari hubungan antara berbagai struktur matematika. Gagné membangun tentang belajar hirarki untuk menstruktur pengajaran isi matematika melibatkan pencarian koneksi dalam matematika. Struktur matematika adalah dipadatkan dan disederhanakan dan belajar matematika dibuat lebih mudah oleh menfidentifikasi koneksi seperti korespondensi satu-satu dan isomorpisma. Bahkan, banyak proyek kurikulum matematika modern telah mencoba untuk menggambarkan hubungan dalam setiap cabang matematika dan koneksi antar bermacam-macam cabang seperti aljabar, geometri, dan analisis. Tidak hanya koneksi penting yang penting bagi kemajuan matematika, tapi kesadaran koneksi juga penting dalam belajar matematika. Karena sangat sedikit topik matematik yang ada di isolasi dari semua topik matematika lainnya, hubungan antara topik harus digambarkan dan dipahami jika berpikir maju, belajar bermakna yang harus dicapai oleh siswa.

1 comment:

  1. Ini daftar pustakanya dari buku apa y? saya butuh sekali untuk referensi skripsi. trims

    ReplyDelete